Header Ads Widget

Responsive Advertisement

VISIBLEMI – Apa kalian merupakan seorang yang menggemari seni? Menyukai bidang komunikasi di bidang visual? Tertarik dengan ilustrasi dan suka sekali menggambar? Mungkin desain grafis adalah dunia yang cocok buat kalian.

Di era digital ini semakin banyak start-up dan agency yang membutuhkan jasa dari graphic designer untuk kebutuhan konten. Lalu apakah prospek menjadi desainer grafis menjanjikan?

DEFINISI DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis untuk menciptakan atau mengatur elemen visual seperti ilustrasi, foto, tulisan dan garis di atas suatu media. Hal ini ditujukan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Bentuk-bentuk dari seni desain grafis ini dibuat oleh graphic designer yang memiliki spesialisasi untuk menginterpretasikan pesan melalui bentuk gambar. Dengan kata lain seorang graphic designer merupakan seorang komunikator visual yang menciptakan konsep visual secara manual atau dengan menggunakan software komputer.

Mereka mengkomunikasikan ide-idenya untuk menginspirasi dan mengkomunikasikan sebuah pesan lewat visual yang termasuk gambar, tulisan dan juga grafik. Dilansir dari International Design School, ada beberapa keuntungan menjadi graphic designer. Diantaranya adalah:

1. Berekspresi dengan artistik

Salah satu keuntungan bekerja di bisang desain grafis adalah, kalian dapat menuangkan ide dan konsep kreatif untuk divisualisasikan ke dalam sebuah media. Meka dari itu, setiap hasil karya dari graphic designer pastinya akan berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Sama seperti dengan karya seni lainnya, desain grafis bersifat sangat subjektif.

Namun, jangan sampai kalian takut untuk berekspresi. Walau pun di lingkungan kantor ada brief yang jelas mengenai apa saja yang harus kalian kerjakan, jangan sampai itu membatasi kreatifitas kalian.

2. Kesempatan kerja yang tidak terbatas

Di era digital ini, hampir semua brand akan mempromosikan diri baik secara online atau pun offline. Untuk menarik perhatian konsumen, tentu saja salah satu caranya dengan mengkomunikasikan campaign mereka lewat visual.

Hal ini meliputi desain website, packaging, banner, flyer, logo bahkan konten sosial media. Maka dari itu, lowongan pekerjaan sebagai graphic designer sangat luas dan hamir semua perusahaan membutuhkannya.

3. Freksibilitas dalam memilih lingkungan kerja

Keuntungan lainnya dalam bekerja di bisang desain grafis adalah fleksibilitas dalam memilih lingkungan pekerjaan. Bagaimana bisa? Sekarang ini misalnya sudah banyak sekali desainer yang memutuskan untuk menjadi seorang full time freelancer.

Menawarkan jasa desain grafis melalui internet bukanlah hal yang sulit di era digital, sehingga kalian bisa mengerjakannya di mana saja, kapan saja, bahkan bisa menjadi salah satu kerjaan sampingan bahkan menjadi kerjaan full time.

Tak hanya itu, jika kalian ingin bekerja menjadi desainer di kantor baik agency maupun in-house, tentu saja kesempatan juga terbuka sangat lebar.

4. Menghemat budget

Jika kalian telah memiliki perangkat komputer atau laptop dan software yang dibutuhkan untuk mendesain, maka kalian tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar. Minimnya jumlah uang yang dihabiskan tentu memberikan keuntungan finansial yang lebih besar.

Hal ini terutama jika seorang graphic designer memilih untuk menekuni profesi ini dengan basis freelance. Dengan langkah self-marketing yang baik maka kalian bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan pertama di dunia desain grafis.

TUGAS GRAPHIC DESIGNER

Selain berpikir dan membuat konsep visual, ada beberapa tugas serta tanggung jawab dari seorang graphic designer. Diantaranya adalah:

  • Menyiapkan segala material untuk diubah ke dalam bentuk visual
  • Membuat rencana dan konsep dari segala informasi dan material yang diberikan oleh klien
  • Mengilustrasikan konsep dengan membuat draft kasar dari ilustrasi dan copy-nya
  • Menyelesaikan proyek dan mengkoordinasikannya dengan pihak luar seperti agency, art service, percetakan dan lain sebagainya
  • Berkontribusi dalam tim untuk mencapai tujuan dari sebuah proyek
  • Bertemu dengan klien atau art drector untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek yang diberikan

  • Melakukan branstorming bersama klien dan memberikanmasukan atas desain yang dibuat sesuai dengan target market atau audience yang ingin disasar

  • Membuat ilustrasi atau gambar yang mengidentifikasikan pesan dari sebuah produk
  • Membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo dan website
  • Memilih warna, gambar, typeface dan juga layout
  • Mempresentasikan hasil ilustrasi yang sudah dibuat kepada klien atau art director
  • Melakukan revisi dari klien
  • Melakukan quality control terhadap ilustrasi sebelum dicetak atau dipublikasikan

SKILL DAN KUALIFIKASI GRAHIC DESIGNER

Menurut Study, jika kalian memiliki pendidikan di jurusan desain grafis, maka kalian bisa menjalani karir sebagai graphic designer.

Meski demikian, beberapa perusahaan mamiliki kebijakan tersendiri sehingga latar belakang pendidikan formal terkadang bukan menjadi pertimbangan utama. Terlepas dari itu, ada keahlian khusus jika ingin menggeluti dunia desain grafis, berikut beberapa diantaranya:

1. Kreatifitas

Menurut Monster, salahsatu unsur penting untuk berkarir di bidang desain grafis adalah kreatifitas yang tinggi. Kalian akan dihadapkan pada banyak proyek dengan tema dan gaya yang berbeda, sehingga kalian harus membedakan setiap proyek.

Jangan lupa untuk mencari banyak sumber sebagai sarana inspirasi. Kreatifitas dapat diasah dengan rajin melihat referensi agar mata terlatih melihat karya-karya yang menginspirasi.

2. Komunikasi

Seorang desainer tugasnya tidak hanya mengkomunikasikan pesan lewat gambar, mereka juga harus memiliki skill komunikasi baik lisan atau pun tulisan.

Bekerja menjadi seorang desainer sudah pasti akan berhubungan dengan klien. Selain komunikasi, seorang desainer harus bisa mendengarkan baik itu kemauan klien atau pun saran dan kritik.

3. Software pendukung

Penguasaan software desain mutlak dibutuhkan. Secara khusus saat ini hampir semua desainer menggunakan software Adobe untuk mengerjakan desain. Mulai dari Adobe Photoshop sampai Adobe Illustrator.

Walaupun kalian paham dalam penggunaan software lain, namun dasar dari penggunaan Adobe harus kalian kuasai. Pasalnya, perusahaan biasanya menyediakan Adobe sebagai alat untuk membuat ilustrasi. Hal ini membuat kalian harus mampu untuk menyesuaikan diri.

4. Presentasi

Tidak semua klien mengerti bidang desain. Maka dari itu, seorang desainer harus memiliki skill presentasi yang baik. Desainer harus menjelaskan bagaimana proses sampai alasan mengapa memilih style tersebut untuk karya yang dibuatnya.

5. Manajemen waktu

Bisa jadi seorang desainer tidak memegang satu proyek saja, sehingga manajemen waktu sangat dibutuhkan. Ini penting agar deadline dapat diselesaikan secara tepat waktu. Seorang desainer harus bisa mengatur prioritas. Jangan sampai kamu dicap tidak profesional karena sering lewat deadline. Menjadi desainer juga berarti harus siap untuk bekerja secara cepat dan responsif.

PROSPEK KARIR GRAPHIC DESIGNER

Pekerjaan di bidang desain grafis adalah salah satu bidang yang selalu akan dibutuhkan di era digital ini. Banyak sekali perusahaan atau brand yang membutuhkan bantuan desainer untuk membangun sebuah branding. Perkembangan karirnya dapat digambarkan secara kasar dengan: junior graphic designergraphic designersenior graphic designercreative director/art director/studio manager.

Tidak semua perusahaan akan memiliki progress yang sama. Meski begitu, semakin lama kalian berlatih, semakin tinggi juga skill yang kamu miliki. Hal ini juga akan berbanding lurus dengan gaji yang diterima. Terkadang, orang dengan kemampuan desain grafis juga bisa terlibat dalam sisi desain yang lain. Adobe misalnya menggambarkan bahwa mereka bisa pula beralih ke sisi User Experience (UX) design.

GAJI GRAPHIC DESIGNER

Jika skill dan kualifikasi yang kamu miliki sesuai, tentu tidak ada salahnya mencoba prospek karir sebagai graphic designer. Data laporan tren dan gaji pekerja digital indonesia 2021, tercatat gaji untuk graphic designer berkisar dari IDR5,6 juta hingga IDR8 juta.

Tapi apakah kalian berminat terjun langsung ke dunia desain grafis dengan menjadi desainer?

(*/Fika)